Kreativitas Tanpa Batas Anak Paud Kumara Widya

Bunda Pendidik Anak Usia Dini (Bunda PAUD) Desa Tegal Harum berkesempatan menghadiri kegiatan Apresiasi Orang Tua dan Anak dalam memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dilaksanakan pada 05/05/2023) di Balai Banjar Sapta Bumi, Desa Tegal Harum, Denpasar Barat Kota Denpasar.

TK PAUD Kumara Widya mengadakan lomba Mendaur Ulang Bahan Bekas menjadi Alat Permainan Edukatif (APE) untuk anak usia dini. Alat permainan edukatif (APE) untuk anak PAUD selalu dirancang dengan pemikiran yang  mendalam tentang karakteristik anak dan disesuaikan dengan rentang usia anak PAUD. APE untuk tiap kelompok usia dirancang secara berbeda. Untuk anak pada rentang usia 2 Р4 tahun tentunya berbeda dengan APE untuk anak pada rentang usia 4 Р6 tahun.

APE juga difungsikan untuk mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak usia dini. Aspek-aspek yang dikembangkan meliputi aspek moral, agama, sosial, emosi, bahasa, kognitif, fisik-motorik dan seni. APE yang dirancang untuk mengembangkan aspek kognitif biasanya dapat digunakan anak untuk melatih daya nalarnya.

APE jenis ini dirancang dengan rancangan tertentu baik dari segi bentuk, ukuran dan warnanya. APE jenis ini dikembangkan khusus pula, jadi jika anak salah mengerjakan dia pulalah yang segera menyadarinya dan membetulkannya.

Pemanfaatan Bahan bekas sebagai APE ini dilihat sangat efisien karena selain bahannya mudah didapat juga mudah untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.